profesi ui desainer

Menjadi UI Desainer : Tugas, Gaji dan Kehaliwan yang Wajib Dikuasai

Kampushub.com – UI dan UX menjadi elemen yang masih asing bagi masyarakat, sebab profesi ini biasanya diisi oleh seseorang dengan kemampuan teknologi cukup baik.

UI desainer merupakan salah satu profesi yang berkecimpungan dengan teknologi serta memiliki tanggungjawab terhadap peningkatan ranting aplikasi.

profesi ui desainer

Apa itu UI Desainer?

UI Desainer adalah seseorang yang memastikan tampilan antarmuka pengguna pada suatu aplikasi sudah sesuai dengan tujuan dari pengembangan proyek situs tersebut.

Profesi ini umumnya dikenal sebagai seseorang yang bekerja dalam suatu perusahaan sebagai pendesain produk maupun aplikasi.

Profesi ini berfokus pada produk digital sebab pekerjaan yang dilakukan memanfaatkan berbagai macam teknologi untuk menciptakan karya baru.

UI desainer juga mampu mengkombimasikan tipografi, pewarnaan, tombol, animasi, dan gambar dengan baik sebab profesi ini diisi oleh seseorang yang ahli.

Seseorang yang menginginkan untuk bekerja menjadi UI desainer setidaknya harus menempuh pendidikan minimal SMA sederajat, menariknya profesi ini juga bisa dipelajari melalui kursus.

Prospek kerja di bidang ini cukup banyak, sebab kebutuhan perusahaan akan desain produk selalu meningkat.

Tugas UI Desainer

Masyarakat masih awam dengan pekerjaan ini sebab profesi ini tidak bisa ditemukan di beberapa daerah terpelosok, hal ini dikarenakan perusahaan-perusahan ternama banyak didirikan di perkotaan.

Berikut ini beberapa tugas dari UI desainer secara umum di berbagai perusahaan, seperti:

  1. Membuat desain yang bisa beradaptasi dengan berbagai macam software dan ukuran layar
  2. Membuat desain yang bisa diakses dengan kemudahan lebih pada setiap layanan
  3. Membuat animasi
  4. Mengatur warna pada desain yang dibuat
  5. Membuat desain visual dan elemen pada tampilan tombol seperti scollbar dan icon.
  6. Melakukan pengaturan spasi pada web/ aplikasi yang diciptakan
  7. Mengembangkan layanan khususnya yang berkaitan dengan desain pada aplikasi atau website tempatnya bekerja

Gaji UI Desainer

Kompensasi atau gaji menjadi salah satu unsur yang berpengaruh dalam kinerja seorang tenaga kerja. Hal ini lantaran gaji merupakan alasan seseorang tetap bekerja untuk memenuhi segala kebutuhan hidup.

Banyak pekerjaan di Indonesia yang mampu menawarkan penghasilan tinggi sesuai bidangnya.
Tunjangan biasanya menjadi salah satu tambahan gaji beserta upah lembur jika tenaga kerja bekerja lebih dari jam yang telah ditentukan.

Momen tertentu biasanya seorang tenaga kerja juga mendapat bonus. Hal ini tentu saja membuat seorang UI desainer mampu memberikan kontribusi yang baik.

Profesi UI desainer biasanya mendapat gaji per bulan antara Rp 7.000.000 sampai Rp 9.000.000. Angka tersebut tentu saja belum pasti, lantaran setiap tempat mempunyai ketetapan sendiri-sendiri.

Seorang yang mempunyai inisiatif memperbaiki kinerja akan berpeluang mendapatkan gaji lebih.

Jurusan yang diambil

Pemantapan minat seseorang dalam industri pekerjaan biasanya dipengaruhi oleh jurusan yang dipilih selama menempuh masa pendidikan.

Jurusan yang tepat akan membuat seseorang merasa nyaman dalam menjalani peran. Hal ini juga berlaku pada profesi ini. Berikut jurusan pas profesi tersebut:

  1. Desain komunikasi visual (DKV)
  2. Sistem informasi
  3. Ilmu komputer
  4. Rekayasa perangkat lunak
  5. Desain grafis
  6. Sendratasik
  7. Teknik informatika
  8. Sastra Indonesia
  9. Multimedia
  10. Psikologi

Keahlian Wajib

Industri atau perusahaan akan bisa bergerak dan memenuhi standar tujuan jika mempunyai tenaga kerja yang sesuai dan memiliki keahlian.

Keahlian berfungsi sebagai wujud nyata peningkatan kredibilitas sebuah perusahaan. Nah keahlian-keahlian dibawah ini wajib dimiliki UI desainer dengan kualifikasi :

  1. Ux research
  2. Komunikasi visual
  3. Kreatif
  4. Desain interaksi
  5. Kemampuan wireframing dan prototyping
  6. UI/UX writing
  7. Information Architecture
  8. Paham user atau user empath
  9. Pengolahan data
  10. Problem solving
  11. Mengoperasikan komputer

Beberapa keahlian lain yang sangat berhubungan dengan skill desain web adalah :

  1. Pengetahuan tentang warna, tipografi, dan tata letak: kamu harus mampu memahami bagaimana warna, tipografi, dan tata letak mempengaruhi tampilan dan kesan dari sebuah desain;
  2. Keterampilan prototyping: keterampilan ini mewajibkan kamu mampu membuat prototype desain UI untuk memperlihatkan bagaimana desain akan terlihat dan berfungsi sebagai produk akhir atau end product;
  3. Pengetahuan tentang teknologi web dan mobile: sebagai seorang UI Desainer kamu wajib memahami bagaimana desain harus disesuaikan dengan platform dan teknologi yang digunakan.
  4. Keterampilan berpikir antarmuka: tidak hanya keahlian pada penggunaan software saja, kamu juga harus mampu menentukan interaksi dan navigasi antarmuka, memastikan desain yang mudah digunakan dan intuitif;
  5. Keterampilan visual: keahlian ini sangat wajib kamu miliki, dimana kamu harus mampu membuat desain yang menarik, menyampaikan pesan dan memikat audiens;
  6. Kemampuan pemrograman: kamu harus dapat menulis kode sederhana atau memahami bagaimana kode mempengaruhi desain UI;
  7. Pengetahuan tentang user experience (UX): kehalian ini mewajibkan kamu untuk memahami bagaimana desain mempengaruhi pengalaman pengguna dan bagaimana desain dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna;
  8. Keterampilan komunikasi: keterampilan ini menuntut kamu untuk mampu bekerja dengan tim dan menjelaskan desain dengan baik kepada stakeholders dan audiens.

Seseorang yang mempunyai keinginan untuk meningkatkan kemampuan dalam bidang UI desainer dapat mengikuti komunitas product.

Tidak hanya menambah ilmu dan pengetahuan, komunitas tersebut juga berfungsi sebagai wadah memperluas relasi. Pengalaman dapat dijadikan jembatan menjadi UI desainer.

Related Posts

parfum laris