jurusan PENS yang sepi peminat

5 Jurusan PENS yang Sepi Peminat Terbaru yang Harus Kamu Coba

PENS atau Politeknik Elektronika negeri Surabaya memiliki banyak sekali jurusan dari jenjang Diploma hingga Pascasarjana.

Salah satu cara agar bisa lolos seleksi menjadi mahasiswa baru PENS adalah dengan mencari daftar jurusan PENS yang sepi peminat.

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan probabilitas (peluang) diterima dan menjadi mahasiswa di kampus tersebut.

Lalu apa saja daftar jurusan PENS yang sepi peminat dan layak untuk dipertimbangkan agar para siswa lulusan SMA bisa lolos seleksi?

Dalam artikel ini akan dibahas secara lengkap daftar jurusan PENS yang sepi peminat untuk kamu ketahui.

Alasan Memilih Jurusan PENS yang Sepi Peminat

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) merupakan salah satu politeknik terbaik di Indonesia yang menawarkan berbagai program studi di bidang teknik elektro dan informatika.

Namun, tidak semua program studi di PENS memiliki peminat yang tinggi dan tentunya ini menjadi berita bagus yang bisa menjadi peluang lolos seleksi.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa siswa SMA memilih jurusan PENS yang sepi peminat :

Minat yang Kuat

Alasan utama siswa SMA dan sederajat memilih jurusan PENS yang sepi peminat adalah karena mereka memiliki minat yang kuat di bidang teknik elektro dan informatika.

Jurusan-jurusan tersebut mempelajari tentang berbagai hal yang berkaitan dengan teknologi, seperti elektronika, telekomunikasi, dan komputer.

Jika kamu sebagai siswa memiliki minat yang kuat di bidang ini, maka kamu akan lebih termotivasi untuk belajar dan mengembangkan diri.

Tantangan yang Lebih Besar

Jurusan-jurusan PENS yang sepi peminat umumnya dianggap lebih teknis dan memiliki tantangan yang lebih besar daripada jurusan-jurusan lain.

Hal ini dapat menjadi daya tarik bagi siswa yang ingin menghadapi tantangan dan ingin mengembangkan diri secara maksimal.

Prospek Kerja yang Baik

Meskipun sepi peminat, jurusan-jurusan PENS yang sepi peminat tetap memiliki prospek kerja yang baik di berbagai bidang industri.

Lulusan dari jurusan-jurusan tersebut umumnya memiliki kompetensi yang dibutuhkan oleh dunia kerja, sehingga mereka memiliki peluang yang besar untuk mendapatkan pekerjaan.

Biaya Pendidikan yang Lebih Terjangkau

Bukan rahasia umum jika biaya pendidikan di PENS tergolong tinggi, terutama untuk program studi D4/S1 yang peminatannya cukup tinggi.

Namun, biaya pendidikan untuk jurusan-jurusan PENS yang sepi peminat pada umumnya lebih terjangkau daripada jurusan-jurusan lain.

Hal ini bisa menjadi pertimbangan tersendiri bagi siswa yang memiliki keterbatasan biaya (ekonomi).

Persaingan yang Lebih Rendah

Dengan peminat yang lebih rendah, persaingan untuk masuk ke jurusan-jurusan PENS yang sepi peminat umumnya lebih rendah daripada jurusan-jurusan lain.

Hal ini dapat menjadi keuntungan bagi para siswa yang ingin meningkatkan peluang untuk diterima di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS).

Jurusan PENS yang Sepi Peminat

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) menjadi salah satu perguruan tinggi dengan basis peminatan tertinggi bagi para lulusan SMA/SMK.

Namun ternyata, tidak semua program studi di PENS memiliki peminat yang tinggi sehingga ini bisa menjadi peluang terbaik untuk bisa lolos seleksi.

Berikut adalah beberapa jurusan di PENS yang sepi peminat :

Teknik Komputer

Teknik komputer adalah jurusan yang mempelajari tentang sistem komputer, mulai dari perangkat keras, perangkat lunak, hingga jaringan komputer.

Jurusan ini memiliki prospek kerja yang luas, namun peminatnya di PENS cukup rendah. Hal ini mungkin karena jurusan ini dianggap terlalu umum dan tidak terlalu spesifik.

Teknik Elektro Industri

Jurusan PENS yang sepi peminat berikutnya adalah Teknik elektro industri, yaitu jurusan yang mempelajari tentang penerapan teknik elektro di industri.

Jurusan ini memiliki prospek kerja yang cukup baik, namun peminatnya di PENS juga cukup rendah. Hal ini mungkin karena jurusan ini dianggap terlalu teknis dan tidak terlalu populer di kalangan siswa SMA.

Teknologi Rekayasa Internet

Jurusan teknologi rekayasa internet adalah jurusan yang mempelajari tentang teknologi internet, mulai dari jaringan komputer, keamanan internet, hingga pengembangan aplikasi web.

Jurusan ini memiliki prospek kerja yang sangat baik, namun peminatnya di PENS masih cukup rendah. Hal ini mungkin karena jurusan ini masih tergolong baru dan belum banyak dikenal oleh masyarakat.

Teknik Elektronika (D3)

Teknik elektronika adalah jurusan yang mempelajari tentang sistem elektronika, mulai dari komponen elektronika, sirkuit elektronika, hingga perangkat elektronika.

Jurusan ini memiliki prospek kerja yang cukup baik, namun peminatnya di PENS cukup rendah untuk program studi D3. Hal ini mungkin karena jurusan ini dianggap terlalu teknis dan tidak terlalu populer di kalangan siswa SMA.

Teknik Telekomunikasi (D3)

Jurusan PENS yang sepi peminat yang terakhir adalah teknik telekomunikasi yaitu jurusan yang mempelajari tentang sistem telekomunikasi, mulai dari transmisi sinyal, jaringan telekomunikasi, hingga perangkat telekomunikasi.

Jurusan ini memiliki prospek kerja yang cukup baik, namun peminatnya di PENS juga cukup rendah untuk program studi D3. Hal ini mungkin karena jurusan ini dianggap terlalu teknis dan tidak terlalu populer di kalangan siswa SMA.

Penyebab Beberapa Jurusan Sepi Peminatan

Meski memiliki banyak jurusan yang tinggi peminatan, PENS tetap memiliki beberapa jurusan yang sepi peminat, dan hal ini isa disebabkan oleh beberapa faktor tertentu.

Faktor-faktor tersebut antara lain :

Kurang Populer di Kalangan Siswa SMA

Jurusan-jurusan tersebut mungkin kurang populer di kalangan siswa SMA karena belum banyak dikenal oleh masyarakat.

Hal ini dapat disebabkan oleh kurangnya promosi dari pihak sekolah atau kurangnya informasi yang tersedia di media massa.

Dianggap Terlalu Teknis

Faktor berikutnya adalah jurusan-jurusan tersebut dianggap terlalu teknis dan tidak terlalu populer di kalangan siswa SMA yang lebih menyukai jurusan yang lebih umum.

Artikel Menarik Lainnya :

Prospek Kerja yang Kurang Jelas

Beberapa siswa SMA mungkin masih ragu dengan prospek kerja dari jurusan-jurusan tersebut. Hal ini dapat disebabkan oleh kurangnya informasi tentang prospek kerja dari jurusan-jurusan tersebut.

Meskipun sepi peminat, jurusan-jurusan tersebut tetap memiliki prospek kerja yang baik. Namun, siswa yang ingin memilih jurusan-jurusan tersebut harus memiliki minat yang kuat di bidang teknik dan siap untuk menghadapi tantangan yang akan dihadapi.

Demikianlha pembahasa daftar jurusan PENS yang sepi peminat yang bisa kamu manfaatkan agar bisa lolos seleksi dan menjadi bagian keluarga besar Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS).

Related Posts

parfum laris